Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manchester United Juara Piala Carabao Usai Kalahkan Newcastle United 2-0

 

Manchester United berhasil merebut gelar juara Piala Carabao 2022-2023 setelah mengalahkan Newcastle United pada babak final yang berlangsung di Stadion Wembley pada Ahad, 26 Februari 2023. Tim berjuluk Setan Merah berhasil menang dengan skor 2-0 untuk merebut trofi pertamanya musim ini.


Manchester United tampil menekan sejak menit pertama. Namun, mereka masih kesulitan menembus pertahanan The Magpies yang bermain rapat. Duel di lini tengah terjadi pada awal babak pertama. 


Newcastle mampu keluar dari tekanan. Pada menit ke-32, kiper Manchester United, David de Gea, dipaksa melakukan sebuah penyelamatan bagus untuk menggagalkan usaha dari Allan Saint-Maximin mencetak gol. Ia berhasil menemukan ruang di dalam kotak penalti dan lalu lepaskan tembakan ke sisi kiri gawang.


Manchester United mampu tampil lebih efektif. Kebuntuan Setan Merah terjadi pada menit ke-33. Melalui skema tendangan bebas, Luke Shaw mengirimkan sebuah crossing dan Casemiro berhasil melompat tinggi untuk menyambut bola. Sundulan jarak dekat mengelabui kiper Loris Karius. Skor berubah menjadi 1-0.


Laga sempat terhenti setelah wasit David Coote mengulas gol dari Manchester United menggunakan VAR. Gol pun akhirnya dianggap sah setelah Casemiro dinyatakan tak terjebak dalam posisi offside.


Manchester United kembali mendapatkan momentum pada menit ke-39. Marcus Rashford melakukan tusukan ke kotak penalti Newcastle sebelum menendang bola ke arah gawang. Bola tendangannya membentur kaki Sven Botman. Bola mengarah ke gawang. Skor 2-0 setelah Botman dinyatakan mencetak gol bunuh diri.


Tertinggal dua gol, Newcastle melakukan sejumlah perubahan untuk tampil menyerang. Pelatih Eddie Howe memasukkan Alexander Isak untuk menggantikan Sean Longstaff. Di sisi Manchester United, Aaron Wan Bissaka menggantikan Diogo Dalot untuk mempersolid lini pertahanan.



Manchester United tampil di bawah tekanan Newcastle. Hingga menit ke-60, Newcastle mendominasi penguasaan bola sebanyak 61 persen. Melihat timnya tertekan, Erik TenHag pun melakukan penyegaran di lini tengah dengan memasukkan Marcel Sabitzer untuk mengganti Fred dan Scott McTominay untuk Wout Weghorst. 


Pada menit ke-74, Rashford punya peluang setelah lepas dari pengawalan pemain bertahan. Ia melepaskan tembakan ke arah sudut kiri gawang, tetapi Karius membuat penyelamatan.


Newcastle United punya peluang pada menit ke-85 dan ke-88 lewat Dan Burn Jacob Murphy. Tembakan Burn masih mampu diblok Lisandro Martinez, sedangkan Murphy mampu melepaskan sebuah tembakan dari batas kotak penalti. Sayangnya, bola berakhir melebar tipis dari tiang kanan gawang. 


Pada menit ke-93, Bruno Fernandez punya peluang untuk mengunci kemenangan Manchester United. Tinggal berhadapan dengan kiper, bola tendangannya masih mampu diblok Karius. Peluang tersebut hanya berbuah tendangan sudut untuk Manchester United. Skor 2-0 bertahan hingga akhir dan Manchester United menjadi juara Piala Carabao.


Statistik menunjukkan bahwa Newcastle United berhasil unggul penguasaan bola sebesar 61 persen berbanding 39 persen untuk Setan Merah. Namun, Manchester United unggul dalam hal mencetak peluang tepat sasaran. Tim Erik Ten Hag punya sembilan peluang mengarah ke gawang, sedangkan Newcastle hanya dua. 

Post a Comment for "Manchester United Juara Piala Carabao Usai Kalahkan Newcastle United 2-0"